CENDET

Ada beberapa faktor yang membuat burung yang satu ini bisa figther maksimal, nancep, n nagin........ karena cendet ini adalah type burung penurut apabila ita memeliharanya mulai dari trotol hingga dewasa, sampai2 ada yang sampai nurutnya burung satu ini terlihat manja apabila melihat sang pawang ( pemiliknya ). maka dari itu ada beberapa faktor yang harus diperhatikan. Berikut ini akan sedikit saya kupas semua yang tersimpan dalam burung cendet/pentet ini......


Ciri-ciri :
  1. Cendet ini mempunyai sifat galak, apabila kita sampai salah (terlalu memaksa) cendet untuk menuruti pola perawatan anda, dan pada saat mau mabung ato dalam masa mabung ( terlebih lagi apabila kita sampai mencabuti bulu2 ekornya apabila terlihat patah2 dan jelek)
  2. Burung ini juga memiliki sifat manja yang luar biasa apabila kita terlalu suka menggoda, mengetrek, memberikan pakan EF secara langsung ( terlebih lagi, apabila kta memeliharanya dari trotol dan suka memberikan jangkrik langung dari tangan)
  3. Dan yang terakhir burung ini suka sekali lompat2 ato salto, apabila dia mengalami stres drop, mental down karena pola perawatan yang beda....sehingga dia merasa tidak nyaman anda pelihara.
  4. Suka menirukan suara burung lain, sehingga pentet ini tergolong burung cerdas yang bisa menirukan segala macam suara burung.
Pada dasarnya perawatan cendet amat sangat bergantung kepada kakarter bawaan dari pentet itu dan juga kebiasaan perawatan yang sudah dilakukan sebelumnya. Maka perlu sekali dicarikan informasi mengenai perawatan pentet sebelum berada di tangan kita. Memang harus diakui ada penjual yang sengaja tidak mau memberikan resep perawatan maksimum kepada kita, oleh karena itu harus dikombinasikan dengan kejelian kita dalam mengamati keseharian dari burung tsb.


Permasalahan yang sering timbul daram perawatan


1) Pentet yang kurang gacor tapi jinak


Melihat perawatan saya pikir sudah cukup 'pakem', dan apabila belum maksimal, mungkin perlu dilihat apakah bulu pada kondisi hampir mabung ataukah masih baru. Apabila sudah tua dan hampir mabung, mungkin itu adalah gejala mau mabung. Tetapi seandainya bulu masih 'gres', ada baiknya untuk mencoba memandikannya 2 hari sekali, untuk menaikkan birahinya. Kemungkinan lain, adalah bisa ditest dengan didekatkan pentet lain, apakah mau gacor berbunyi. Karena ada jenis pentet yang 'tempur', baru akan gacor kalau didekatkan dengan lawan. Jadi kesehariannya tidak akan terlalu banyak berkicau. Untuk burung serak, untuk recovery bisa ditambahkan larutan kaki tiga di air minumnya.


2) Pentet giras


Kalau terlalu giras, jangkrik coba diturunkan porsinya, pemberian. Ulat hongkong juga coba diturunkan dulu porsinya. Kroto berikan 1 sendok makan. Memandikan sesering mungkin, karena biasanya akan menurunkan kegirasan burung tsb. Faktor giras, selain kelebihan extra fooding, barangkali juga bisa dikarenakan karena kondisi burung yang stress. Barangkali burung takut terhadap topi, sepeda bermotor, warna-warna tertentu. Ini yang harus benar2 diamati. Untuk menguji apakah burung tsb stress atau tidak, mungkin bisa ditest dengan jalan mengadunya dengan burung sejenis. Apabila dia mau normal berbunyi, berarti dia tidak stress, tapi apabila tidak berbunyi, muter-muter, mungkin Anda perlu curiga bahwa burung tsb dalam kondisi stress.


3) Pentet galak


Usahakan untuk lebih sering memandikannya, misalkan pagi dan sore setiap harinya, kemudian coba kerodong dibuka dulu, agar dia terbiasa dgn manusia. Usahakan juga untuk memberikan makanan (jangkrik, ulat hk dll) melalui tangan kita langsung. Nah untuk sementara kalau mau mengambil tempat makan atau minum, usahakan dengan memberikan jangkrik dulu kepada pentet tsb, jadi sementara dia makan, kita bisa lebih leluasa mengambil tempat air atau minumnya, tanpa perlu kuatir dihajar oleh pentet tsb.


Pentet galak/takut, biasanya ada 2 penyebab,yaitu trauma dan birahi.


Selama ini pentet dikenal sebagai burung pedendam,saya punya yg kalau lihat saya bukannya kabur malah galak...sampai takut sendiri lho,terlebih lagi kalau mau nambahain pakannya,tangan sampai dipatokin. Jadi hindarilah berbuat kasar pada pentet seperti mencabut bulu dll.


4) Pentet salto
Mengenai Pentet Salto, itu sudah hal yang biasa mungkin sudah karakter dia. Tetapi kalau pentet anda mempunyai variasi suara yg banyak itu merupakan suatu pentet yg bagus menurut saya. Saya pernah mengalami hal ini, diwaktu pentet saya tdk ditrek dia sering salto dari tangkringan bawah keatas. Tetapi waktu saya trek dgn pentet yg lain dia kerjanya bagus tidak salto (Nagen).
Untuk perawatannya yg terpenting pagi mandi terus dijemur setelah dijemur dianginkan sebentar langsung dikerodong dan juga sore sama lakukan sperti itu. jgn lupa malam harus dikerodong.
Untuk extra foodingnya jangkrik dikasih pagi 3 sore 3, kalau dikurangi bisa menurun staminanya dan malas berkicau. menurut saya pentet pemakan serangga rakus. yang terpenting mandi jemur itu rutin.


Perawatan


Perawatan pentet pada umumnya kurang lebih sebagai berikut : mandi pagi sore, jemur sampai jam 12, extrafooding 7 jangkrik+ 3 ulat hongkong (baru ganti kulit) pagi, sore juga sama menunya, siang kroto 1 sendok teh, dan anda juga mencoba variasi menu dengan ulat kandang. Pemberian ulat kandang pada umumnya akan membuat pentet anda lebih stabil bunyinya. Untuk master isiannya Cucak jenggot, belalang (pilih yang bersuara kasar dan tidak terlalu rapat), love bird, ciblek/prenjak, burung gereja tarung, kenari yang suaranya menyentak2 dan panjang namun pilih yang tidak terlalu banyak variasi suaranya.


Kalo cara memilih cendet yang baik, bagus untuk lomba ada berberapa ciri yang mungkin bisa membantu kalian semua agar tidak sampai salah pillih...... ada kalanya orang banyak yang mempercayai cendet jatim ato yang elbih tepatnya cendet madura ini sangat baik buat lomba, tapi ga semua cendet madura ini baik untuk dilatberan...karena masing2 burung memiliki karakter berbeda - beda. Berikut ini akan saya jelaskan ciri-ciri cendet madura/jatim yang baik untuk lomba.
  1. warna kepala hitam pekat terlebih lagi dibagian sekitar mata, terlihat seperti topeng.Dan warna belakang kepala hitam, bisa sampai dengan pundak.
  2. Warna bulu dada putih sehingga warna coklat terlihat sedikit, hanya disamping2 aja, dan sayap panjang melebihi badan
  3. Ukuran kepala jenis cendet madura ini biasanya kecil dan tampak lucu, tapi usahakan cari yang besar dan bulat, sehingga ukuran kepala dengan badan adalah sama.
  4. Badan besar panjang, terlihat bulat.
  5. mata melotot lebar dan kelihatan garang.Ini menandakan bahwa cendet ini memiliki mental tempur yang bagus.
  6. Pangkal paruh tebal, panjang.
  7. Kaki besar, kokoh. mencengkram erat.
  8. Dan yang terakhir cendet jenis madura ini apabila ditrek, diadu itu langsung nancep dan nagen.....tapi biasanya kalah start (gacor) dengan cendet sawah yang jatim.


Extra Fooding pada burung Pentet itu terbagi 2, yaitu EF Harian dan EF Lomba.......
  • EF Harian.....
Kita mengetahui bahwa EF untuk pentet itu adalah Kroto, Jangkrik, UH. EF ini yang sering di pakai sebagai ef harian, Seberapa banyak Kroto, jangkrik dan UH, yang di pakai untuk hariannya?
KROTO, hanya di pakai sebanyak 1 sendok teh setipa harinya sudah cukup.
JANGKRIK, biasanya pagi 3 ekor dan sore 2 ekor, tapi saya lebih suka hanya berikan 3 ekor jangkrik pada pagi hari saja. UH, Jarang saya pakai untuk harian, ada juga yang memakai EF ini setiap harinya.

  • EF Lomba.....
Biasanya EF di lomba mulai di berikan dari h-2 dengan porsi naik untuk Jangkriknya dari 3 ekor pagi menjadi 5 ekor dan 2 ekor sore menjadi 4 ekor, hanya Kroto yang tetap....... Pada H-2 mulai pentet tidak di mandikan, begitu memberikan EF kerodong di buka 15 menit kemudian di kerodong lagi. ini buat pentet yang tidak memiliki Kelainan Birahi tinggi Atau BT, bukan OM BT loo ya......Ampunnn OM.
H-1 jangkrik naik lagi 7 ekor pada paginya dan 5 pada sorenya, kroto tetap....... nah peran penting adalah di malam hari sebelum hari H, pentet di berikan sedikit atau setengah sendok teh kroto, tujuannya pada hari H pentet sedikit Adem, tidak terlalu tinggi BT nya.
Pada hari H, sebelum berangkat kita berikan UB 2 ekor dan jangkrik 3 ekor, tanpa kroto ,bawa ke lapangan.........
2 section sebelum turun lomba, pentet di mandiin semprot sampai basah kuyup dan berikan 1 ekor jangkrik lagi sesudah mandi, di angin anginkan sedikit di jemur, kemudian kerodong kembali.
Pentet siap di gantang......... Semoga moncer terusss......


buat rekan2 KM dimanapun, ini ada sedikit cara merawat pentet, semoga bermanfaat bagi rekan2 KM semua
hari 1, pagi 2 ekor jangkrik +2 UH,sorenya 2 ekor jangkrik..
hari 2, satu sendok makan kroto,sorenya 2 ekor jangkrik
hari 3. 2ekor jangkrik tanpa UH ,dan sorenya 2 ekor jangkrik,
hari 4, jangan dikasih ekstrafooding,utk mengurangi kelebihan yg ada di tubuhnya..
hari 5,kembali pada hari 1,oh ya setiap hari jam jemurnya ditambah 5 menit
bila dalam suatu hari frekuensi bunyinya bertambah mas dapat menaikan jumlah jangkriknya menjadi 3...dan naikan terus bila ada progresnya...sampai burung tsb sudah dapat berkicau selama 30 menit s/d 1 jam...dan sehari bisa 5-8 kali frekuensinya.maka jumlah jangkriknya jgn ditambah atau dikurangi pada jumlah terakhir..berarti dosis ekstrafoodingnya sudah "ketemu"..
Note : untuk menaikan porsi jangkrik,ada baiknya anda memakai deadline mis 2 minggu atau sebulan...karena utk menemukan dosis yg pas harus pelan2 dan sabar agar tidak over

1) Isian untuk pentet
Yang bisa buat master suara pentet adalah lovebird (cari yang speed rapat dan panjang), belalang (speed jangan terlalu rapat), celilin (hati-hati waktu memaster dgn celilin karena volume nya yg keras bisa membuat mental pentet down), burung gereja kawin (ini cukup ngetrend akhir2 ini), pelatuk, jangkrik,cucak cungkok. Untuk kutilang, tidak bisa sembarangan kutilang, mesti cari yang suaranya 'brebet' terus, karena suara ini yg dicari.

2) Pentet salto
Ada beberapa penyebab:
- Karakter burung tsb
- Terlalu berahi
- Stress

Ada beberapa solusi yg bisa dicoba:
- Memandikan burung tersebut lebih sering. tapi hati2 karena ini bisa menjadikan kinerja burung turun.
- Memahami kebutuhan extra fooding secara tepat. Ini tidak bisa digeneralisir, porsi bisa berbeda untuk tiap2 burung.
- Pahami karakter burung dengan mengubah jenis tangkringan, apakah sejajar ataukan silang, jenis kandang, apakah kandang besar atau kecil. Ini semua bisa mengurangi salto pentet
- Untuk burung stress, bisa disuahakan dgn cara disendirikan dulu. Setelah rajin berbunyi lagi, usahakan waktu menggantung di tempat yg agak rendah dan ramai lalu lalang orang,agar mental pentet bisa lebih terlatih
Mohon koreksinya dan Selamat merawat


Biasanya nihhh...dari yang saya tau...itu juga denger2.
Biasanya jemur sambil dikerodong itu ada beberapa factor penyebabnya pada saat penjemuran burung, diantaranya :
- Body kegemukan, dengan jemur sistim ini akan cepat susutnya.
- Stelan EF nya tinggi sehingga dapat mengurangi birahi.
- Terlalu galak sehingga lebih sering jeruji pada saat melihat perawatnya atau burung lainnya.
- Burung takut/gelisah/tidak tenang bila melihat sesuatu.
- Waktu penjemuran yang sempit.
- Burung yang dijemur cukup banyak.

Oleh karena kebiasaan2 seperti tersebut di atas sehingga menjadi kebiasaan burungnya pula dan pemiliknya khawatir bila di rubah akan juga merubah penampilannya.

Memang baik menjemur pentet sambil di krodong tapi harus juga di perhatikan kondisi burung, burung yang kurang sehat akan langsung klenger alias tit bila terlalu lama di jemur dalam kondisi seperti ini.

Alangkah baiknya bila penjemuran seperti ini di lakukan dengan tetap membuka Kancing atau resleting krodong sehingga udara tetap bersilkulasi dan kita tetap dapat mengawasi keadaan burung.

Kalao pentet saya hariannya dijemur biasa saja (buka kerodong), kecuali penjemuran di lapangan dan itu saya lakukan juga bila di sekeliling saya banyak burung rekan2 yang lainnya.

Ini hasil dari denger2, namanya denger2 kalo salah ya maaf Om.

Monggo di lanjut


menurut literatur dalam forum web tercinta ini :

1. PT cepet panas : setelah mandi... 15 menit kemudian langsung gacor... bunyi terus minimal 60 menit berkesinambungan tidak banyak ngetem.. paling ambil nafas gacor lagi.. fungsi mandi adalah membuat dia nangen... temen ane ade nyang punya model gini... harus dimandiin tiap hari.. biar gak OB.. setelannya cuma Jangkrik 3/2 P/S. kroto bersih maksimal setengah sendok teh tiap hari...

2. PT Normal .... klo ini dimandiinnye tiap 2 hari sekali om (ane kasih tempat minum kecil biar dia gak mandi seenaknye.. mandinye ane nyang ngatur...).. biasanye setelah 90-120 menit saat bulunya agak kering... langsung gacor + nangen... bunyi terus minimal 60 menit, ngetem untuk ngambil nafas doang om.. setelannye jangkrik P/S = 4/2-3 kroto wajib 2 hari sekali 1/2- 1 sendok teh

3. PT lambat panas... sebaiknya mandinya seminggu 1-2 kali aja (kasih tempat minum ukuran kecil biar PT gak bisa mandi sendiri, jadi waktu mandinye kite nyang atur)... perlu stelan EF yang agak cukup... misalnye P/S = 6/4 kroto dua hari sekali 1 sendok teh....

biasanya setelah mabung... perawatan hariannya dapat diubah om... tinggal lihat perubahan karakternya aja.. berubah gak? klo yang tadinya lambat panas terus jadi normal atau cepet panas.. yah tinggal disesuaikan sesuai kondisinya aja om..

oh iya... sebaiknya PT tetap dikerodong setelah di jemur om.. klo sore/malam buka pas ngasih makan aje.. trus tutup lagi.. itu kebiasaan perawatan ane... kebetulan PT ane dah cukup umur sekitar 2x mabung.. jadi udah lumayan stabil birahinya untuk bisa disetting berdasarkan ilmu nyang aye dapet di www.kicaumania.org ini... mohon maaf bila ada salah kata.. pemula cuma sekedar sharing pengalaman....

menjawab pertanyaan anda:

1. Kroto, Sebagai peningkat nafsu makan,penunjang birahi dan fungsinya merangsang agar burung jd gacor.efek kebanyakan jd gemuk karena banyak kolestrolnya.
2. Cacing, untuk jenis selain merah sebagai penurun birahi,kalo merah sebagai penunjang efek teler(istilahnya doping) dan khasiatnya untuk burung lain selain merah sebagai penurun birahi kalo AM penambah birahi.efek AM teler non stop,selain AM bulu mengkorok karena kedinginan.
3. Ulat hongkong, peningkat birahi dan mental tarung,khaistnya membuat burung badan terasa panas sehingga cocok sekali untuk burung jenis fighter.efek mata jadi mletis,bulu rontok.
4. Ulat bumbung(cilung), hampir sama seperti cacing tapi ini cocok untuk semua burung,efek nya nggak isa buang air besar(bebelen/sembelit)
5. Jangkrik, peningkat/pendongkrak birahi burung dan merangsang agar burung tetep gacor.efeknya jika kebanyakan si burung akan over birahi(burung sukar diam,mencabutin bulu,ngelabrak)
6. Belalang, lom pernah make karena saya tinggal di kota mas, kalo saya sing sebagai EF sampingan aja paling.


Adapun efek bagi burung:
1.Kroto efek jika diberi pada jenis kacer(mbedesi) ,ci(ambrol),Tledekan(jempalikan) dsbnya.
2.Jangkrik jika dierikan pada burung biasanya tdk terlalu berakibat fatal cuman terlalu over birahi sepert(cendet,sering salto).khusus cucak rowo dan murai emang takaran harus banyak.
3.Ulat hongkong(berakibat mata mletis atau kebutaan,mencret dan cepat ambrol bulu pada jenis burung yg tidak kuat seperti ci,yang jenis lain biasnya mletis).
4.ulat bumbung jika diebriak akan diem selalu (jika tledekan,cucak ijo,AK,AM akan nagen jika di berikan teralu banyak akan sulit buamh air besar.).Takaran harus pas.
5.Belalang baik untuk jenis pentet kalo diberikan pada jenis lain lom pernah kemungkinan doyan paling sedikit karena tubuhnya keras sehingga sulit dicerna(ati² dengan kaki belakangnya kena burung bisa cidera ataupun kematian).
Betul kata Om Hany . Setiap setelan satu sama lain berbeda, tergantung dengan kebiasaan masing masing dan karekternya.
Dengan expriment yang dilakukan oleh pemilik, dan memakan waktu cukup lama.
Setelan Anda sudah baik. Kalau boleh memberikan saran, ( maaf masukan yang belum tentu benar). Menurut saya peningkatannya ef, Pada hari hari menjelang lomba terlalu mendadak. Misal kalau dibuat dibuat lebih merata .
H-2 ( Jumat ) : Kroto biasa . Jangkrik 5 ekor p/s + 3 uh sehari.
H-1 ( Sabtu ) : Kroto biasa . Jangkrik 5 ekor pagi/siang /sore + Uh 6 ekor sehari .
Hari H ( MInggu). Kembali ke rawatan harian.
Semoga cocok dengan pola rawatan
6.cacing baik untuk jenis AK,Am,Kacer berlebihan burung jd kedinginan karena bersifat penurun birahi dan dingin.kalo kena penyakit paling mencret.

nyumbang saran dari pemula
1. full krobong
2. EF jangk*ik purlu di tambah dari menu biasanya, ulet hongkong pagi dan kroto pagi.
3. deakat kan dengan master ( kalo bisa cendet juga yag jadi master)
4. pembersihan kotoran 3 hari sekali
5. buka kerodong 1 minggu sekali cukup di anginkan selama 30 menit
karena cendet fullkrobong terlalu lama biasanya ada getabnya nantinya ( getab itu misal nya kalo di kedekatin juri kadang diem)

selesai mabung :
minggu 1- mulai di angin2kan pagi dan sore hari tanpe kena matahari 1 minggu cukup di angikan saja 1 jam. EF mulai teratur tapi tetep pagi kroto 1 sendok makan, hongkong 5 ekor.
minggu 2 - mandi pagi anginkan 30 menit lalu jemur 1 jam trus anginkan trus krodong, sore buka krodong anginkan, EF tetap aja.
minggu 3 - sama seperti mingu 2 tapi jemur naikkan jadi 2 jam
minggu 4 - jemur naikkan jadi 3 jam

setelah selesai 1 bulan coba untuk di latber dan kalo bisa di setel dulu sebelum latber.

semoga bermanfaat


Cendet drop

pernah coba rawat cendet drop krn habis mabung langsung ditrek hasilnya cendet jd salto dan sedikit, lalu coba terapi full ef selama 3 hari non jemur krn minuman kasih multivit.
hari 1 kasih u.k sesendok teh dan jangkrik 5 p/s
hari 2 kasih kroto 1,5 sendok makan dan jangkrik 4p/5s
hari 3 kasih u.h 5e, jangkrik 5 p/s

Kalau pengalaman saya, (pernah beli cendet rusak dan pernah juga cendet saya stres karena jatuh) cuma saya diamkan di dalam krakap saja seharian, jangkrik masih seperti biasa, pagi dan sore saya beri lima.

nah, malamnya, (mengikuti anjuran bapak saya yang pemain lama), cendet saya mandikan hingga basah kuyup, waktu itu jam setengah delapan. (Cara ini kurang benar menurut saya, karena di alam, hewan tidak pernah terlihat mandi malam hari. hehe, tapi manusia punya cara ngaklal).
setelah kuyup dimandikan, diangin2 dibawah lampu baru diberi kroto.

besok paginya diberi jangkrik sebelum jam 8 pagi sembari diangin2kan. Nah setelah di kasih EF, jam 9 jemur aja tu cendet di tempat panas dan jauh dari burung lain (minimal ngk liat burung lain). Biar aja cendet di jemur tanpa minum, tapi foernya tetep ada (terutama yang ada anti stresnya). Atau ngk usah di ikutkan foernya agar cendet fokus konsentrasi ke cari makan, (laper jadi galak)

Jam tiga angkut, kasih minuman bersuplemen dan foernya. jam4 jangkrik lalu krodong


hal2 yg perlu diperhatikan;


Cendet buat Lomba sebaiknya memiliki mental tempur yang baik dan Rajin ngocehnya diusahakan Kita memilih cendet dengan kepala yang besar dan Bulat dengan mata yg jernih dan bersih(trengginas). Untuk Paruh Usahakan memilih yang Tebal dan panjang diyakini cendet memiliki Volume yg dasyat dan bertipe ngerol dan nembak, sedangkan paruh tipis diyakini cendet bertipe ngerol dan jarang memiliki tembakan dasyat..Untuk bentuk badan usahakan pilih yang proporsional dari kepala sampai ekor dan kondisi burung cenderung untuk rapi(tidak bondol dsb) karena menghindari cendet yg banyak polah(cabut bulu dsb) dan untuk KAKI pilih KAKI cendet yg besar dan kokoh karena cenderung lebih mudah disetting agar nancep pada saat Fighter.


USIA
Sebaiknya memulai dengan cendet yg mudah Hutan karena akan lebih mudah dan cepat mensettingnya di bandingkan bila memelihara dari trotol...Karena bila kita pelihara dari trotol cendet berpotensi besar buat menjadi manja..Carilah cendet yang sudah 2-3 kali mabung sehingga kita masih punya waktu untuk mensettingnya..


Mental
Ini yg agak sulit karena cendet MH biasanya masih sedikit giras, tapi bila kita perhatikan dalam kondisi tenang dan didekatkan dengan cendet lain maka burung yg bermental baik akan mulai kelihatan sifat tempurnya dengan mulai berbunyi walaupun cuman bunyi TOET..TOET....TOET....Perhatikan juga ekornya bila ekor cendet digerakkan berputar-putar berarti ada yang ditakutinya, bila tetap lurus berarti cendet mempunyai mental yang cukup baik.


Tips terakhir ane coba pantau cendet di latberan karena akan lebih mudah mendapatkannya ketimbang di pasar burung..tidak perlu mengambil cendet yg juara (pasti mahal)tapi kita liat bakat dan kelebihan yg di miliki burung tersebut pada saat dilapangan, sehingga dengan sedikit di POLES cendet ndeso bisa dioptimalkan untuk maen di level yang lebih tinggi...


Semoga tips sederhana ini bermanfaat buat cendetmania.

U might also like :

U mights also like :